Berpikir Perubahan

Posted: May 28, 2012 in Budaya, Sosial

1. Definisi Pola Pikir

Pola pikir adalah menjalankan prinsip-prinsip dalam mengorganisir daya kekuatan pikiran kedalam konsepsi kekuatan latihan dalam aktualisasi dengan memanfaatkan intelegensi sebagai suatu kekuatan yang di integrasiksn secara rasional.

2. Pola pikir dapat diubah

Contohnya: Pola pikir kita bahwa sampah itu merugikan dan dapat mendatangkan banyak bencana. Tapi saat kita mengubah pola pikir, kita memandang bahwa sampah dapat menguntungkan. Dengan memanfaatkan sampah plastic menjadi kerajinan dan sampah organik menjadi pupuk, berarti telah merubah pola pikit kita tentang sampah. Bahkan, sampah yang diolah tersebut dapat menguntungkan.

3. Cara mengubah pola pikir

  • Mengatur Pikiran untuk Mengubah Diri

Anda tahu bahwa ada kebutuhan perubahan di dalam diri setiap orang dari negatif ke positif. Hal ini dapat dimulai dengan mengingat apa saja kesalahan-kesalahan yang pernah anda lakukan dimasa lalu dan cobalah untuk untuk memperbaikinya dengan niat dan tekad “saya pasti bisa menjadi orang yang lebih baik”

  • Hindari berpikir dengan emosi

Memang hidup penuh dengan cobaan dan tantangan yang kadang membuat kita emosi, dan untuk mengatasinya dibutuhkan solusi cepat dan tepat. Tapi anda harus ingat bahwa berpikr dalam menentukan suatu tindakan harus tenang dan benar-benar tepat untuk mengatasi semua permasalahan yang anda alami.

  • Selalu Bersyukur

Dengan bersyukur maka anda akan terhindar dari hawa nafsu dan emosi yang akan mengganggu konsentrasi anda dalam berfikir sesuatu yang positif.

  • Istirahat cukup dan teratur

Dengan istirahat cukup dan teratur maka kinerja otak akan menjadi segar kembali

  • Tingkatkan Iman dan Perbanyak amal Ibadah

Cara ini adalah cara yang paling penting dan efektif untuk mengubah cara berpikir dari negatif ke positif.

Untuk mengubah cara berfikir memang tidak mudah, semua itu membutuhkan proses dan tahapan-tahapan yang harus dijalankan dengan niat dan keyakinan.

4. Self talk

Self talk atau berbicara pada diri sendiri yang sifatnya negative pernah saya lakukan.

Misalnya: saya mengatakan pada diri saya bahwa saya tidak lebih baik dari pada teman saya.

5. Pengaruh self talk pada prilaku

Self talk yang negative, dapat mempengaruhi prilaku. Misalnya: karena saya mengatakan pada diri saya bahwa saya tidak lebih baik dari pada teman saya, maka akan membuat saya tidak percaya diri dan mudah menyerah dalam persaingan dengan teman saya tersebut.

Leave a Reply

