Sisi Lain Pak BeYe

Posted: May 28, 2012 in Resensi

  Judul Buku      : Pak Beye dan Istananya

Penulis             :Wisnu Nugroho

Penerbit           :Kompas

Cetakan           :I, Juli 2010

Tebal               :256 halaman

Pak BeYe dan Istananya adalah salah satu buku dari tetralogi tulisan Wisnu Nugroho yang mengungkapkan sisi lain kehidupan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Buku ini memceritakan hal-hal tidak penting tentang Pak BeYe dan segala sesuatu yang terjadi di kompleks istana kepresidenan. Sesuatu yang sifatnya tidak mendesak, tetapi menarik untuk disimak.

Tulisan-tulisan yang merupakan postingan di blog Kompasiana ini menunjukkan kecermatan Wisnu Nugroho. Dari parkir Istana yang menjadi showroom mobil saat rapat kabinet sampai acara pindahan Pak Beye ke Istana yang menyibukkan beberapa petugas dengan kasur King sizenya yang cukup merepotkan untuk dimasukkan lewat pintu Istana. Hal-hal kecil seperti itu diceritakan dengan menarik oleh Wisnu Nugroho.

Namun satu hal yang kurang dari buku ini adalah sering terulangnya cerita yang disajikan. Mungkin karena awalnya adalah postingan dari blog, sehingga dalam satu cerita harus mengulang sedikit cerita yang sebelumnya diposting agar pembaca paham, jadi agak aneh bila sudah menjadi buku.

Walau begitu, secara umum buku ini menarik untuk dibaca. Kehidupan Istana yang selalu terlihat sempurna dikupas secara halus dan menjadi “story behind the scene”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s