Pert. 2

Hakikat negara

  • Pengertian hakikat negara

Negara memiliki pengertian yang berbeda dengan bangsa, apabila bangsa merujuk pada kelompok orang atas persekutuan hidup (masyarakat), negara merujuk pada sebuah organisasi sekelompok orang yang berada di dalamnya. Adapun dari segi bahasa, istilah negara berasal dari bahasa latin status atau statum yang berarti keadaan yang tegak, bisa juga diartikan sesuatu yang memiliki sifat-sifat yang tetap dan tegak. Di inggris, negara disebut dengan istilah state, di Prancis etat,di Italia lo state, di Belanda dan Jerman disebut staat. Sedangkan pengertian negara menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  • Sifat-sifat negara

Menurut Miriam Budiardjo dalam buknya Dasar-Dasar Ilmu Politik, mengemukakan bahwa setiap negara memiliki tiga sifat dasar sebagai berikut:

a)      Memaksa. Artinya negara memiliki kekuasaan untuk menggunakan kekerasan fisik secara sah, yaitu dengan memberlakukan sangsi bagi pelanggar hokum dengan tujuan agar peraturan perundang-undangan yang telah dibua oleh nefara ditaati oleh masyarakat. Dalam memaksakan kekuasaannya, negara menggunakan alat-alat negara

b)      Memonopoli. Artinya, negara mempunyai monopoli dalam menentukan tujuan bersama dari masyarakat.

c)      Mencakup semua. Artinya, semua peraturan perundang-undangan berlaku bagi semua orang tanpa terkecuali. Hal ini diperlukan karena dalam mencapai tujuan dan cita-cita negara harus melibatkan setiap rakyatnya.

  • Teori tujuan negara

Terdapat beberapa rumusan tujuan negara yang  dikemukakan oleh para ahli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s